Rekoleksi Pelayan Liturgi 2019


Keterlibatan pelayan awam dalam bidang liturgis hendaknya diarahkan untuk menunjang pelayanan para Imam dan Diakon, untuk membangkitkan panggilan Imam serta Diakon dan untuk pelatihan yang berbobot bagi pelbagai fungsi liturgis umat beriman di setiap jemaat, sambil memperhatikan berbagai kharisma sesuai dengan norma hukum.

Dasar untuk menjadi pelayan liturgi, tidak hanya cukup sekedar “mau” saja, tetapi diperlukan berbagai syarat untuk menjadi penyampai isi Hati Allah. Untuk itu perlu diperhatikan bahwa tugas pelayan liturgy bukanlah sebuah pelayanan yang biasa-biasa saja yang bisa dilakukan begitu saja oleh siapa saja. Tugas pelayan liturgi mewujudkan iman yang mau melayani Tuhan dan sesama, lebih-lebih jika dilakukan dalam konteks ibadat resmi atau liturgi Gereja. Iman yang diandaikan dalam masing-masing tugas pelayan liturgi dalam perayaan Ekaristi, tidaklah sama. Maka, perlu membedakan tugas-tugas pelayanan dalam perayaan Ekaristi, misal tugas sebagai putra-putri altar, lektor, pembaca doa umat, koor, dirigen, organis, kolektan, pembawa persembahan, pengatur umat, petugas dekorasi, pembersih gereja, dan yang lain. Dalam Hukum Gereja atau peraturan liturgi, belum ada ketentuan-ketentuan eksplisit yang memperbolehkan atau melarang seseorang menjadi petugas dalam perayaan Ekaristi. Namun demikian, penalaran dalam iman akan membantu.

Menghadapi berbagai persoalan pelayan liturgi tersebut, amat dibutuhkan peran ajaran gereja sebagai pedoman dalam meningkatkan pengetahuan dan tanggungjawab serta semangat dalam melayani di bidang liturgi. Sesuai Arah Dasar Pastoral Keuskupan Agung Jakarta (ARDAS KAJ) 2016-2020 di mana salah satu prioritas utamanya adalah Meningkatkan katekese dan liturgi yang hidup dan memerdekakan, maka sangat perlu diadakan rekoleksi bagi pelayan liturgi sebagai ujung tombak Gereja Katolik.

Maka Seksi Liturgi Gereja St. Servatius Paroki Kampung Sawah mengadakan Rekoleksi Pelayan Liturgi 2019. Setiap pelayan liturgi diajak untuk lebih menghayati kembali iman dan tanggunjawab sebagai pelayan liturgi. Acara ini berlangsung pada Minggu 19 Mei 2019 di Aula SMA Pangudi Luhur II Servasius.

 

Rafael Nuba

 

Lihat lebih banyak foto dokumentasi kegiatan ini di: www.facebook.com/groups/parokiservatius

Woiii, umat Paroki Servatius. Kalo pada punya berita apa kek, poto apa kek, kegiatan apa kek, mao nyang lingkungan, apa nyang kategorial bisa ditongolin di media, kirim aja ke : parokisantoservatius@gmail.com

 :