Pelatihan Pendamping Kaum Muda


Menjawab kebutuhan dari lingkungan akan adanya pendamping anak-anak muda lingkungan, maka Seksi Pelatihan dan Pengkaderan Paroki Kampung Sawah St. Servatius (Seksi PEKAD) mengadakan Pelatihan Pendamping Kaum Muda. Acara ini kerja sama Seksi PEKAD Servas, Seksi Kepemudaan dan  Seksi PEKAD Stasi Kranggan.

Pelatihan ini mengambil tema “Menjadi Pendamping Kaum Muda Yang Asyik Untuk Generasi Y & Z”. Dilaksanakan pada tanggal 27-28 April 2019 di Wisma Puri Asih Gadog.  Fasilitator dan materi pelatihan adalah:

  1. Romo Ferdi materi Kaum Muda & Pentingnya Peran Pendamping
  2. Ibu Fransisca Romana Kristi Utami, Psi materi Menjadi Pendamping Generasi Y & Z
  3. Bp. S. Purwanto Hadityono materi Metode & Teknik Memfasilitasi

Peserta mendapatkan pemahaman dasar tentang pendampingan, pemahaman psikologis tentang anak muda di generasi Y & Z, berlatih ketrampilan dengan berbagai metode ketika mereka harus menjadi pemandu. Ditutup dengan materi peneguhan tentang bagaimana gereja memberikan perhatian penuh terhadap anak-anak muda gereja dari exhortasi pasus (berupa surat kesimpulan) dari sinode orang muda.

Peserta pelatihan terdiri dari lintas generasi dengan range usia antara 19 tahun sampai dengan 52 tahun berlangsung sangat seru dan heboh. Suasana yang dibangun adalah Gembira, Terima Kasih dan Terlibat seperti yang sudah ditanamkan oleh Romo Wartaya, SJ sebagai Pastor Paroki selama ini.

Setelah pelatihan ini peserta mempunyai action plan untuk menggerakkan anak-anak muda di lingkungan/wilayah masing-masing.

Purwanto Hadityo

 

Lihat lebih banyak foto dokumentasi kegiatan ini di: www.facebook.com/groups/parokiservatius

Woiii, umat Paroki Servatius. Kalo pada punya berita apa kek, poto apa kek, kegiatan apa kek, mao nyang lingkungan, apa nyang kategorial bisa ditongolin di media, kirim aja ke : parokisantoservatius@gmail.com

 :