Mengenal Diabetes untuk Lebih Menyayangi Diri Sendiri


“Tak kenal maka tak sayang”. Pepatah ini disampaikan oleh Romo Yohanes Wartaya SJ ketika membuka seminar kesehatan bertajuk “Mari Mengenal Diabetes” pada hari Minggu 17 Maret 2019.Dalam sambutannya tersebut, Romo War menekankan bahwa dengan mengenal apa itu penyakit diabetes, warga dapat lebih menyayangi dan menghargai diri sendiri dengan menjalani gaya hidup sehat.

Seminar “Mari Mengenal Diabetes” sendiri diselenggarakan oleh Seksi Pengembangan Sosial dan Ekonomi (PSE) Paroki Santo Servatius Kampung Sawah, bekerja sama dengan Rumah Sakit St. Carolus”.Sesuai dengan namanya, acara yang berlangsung di Aula Gereja Santo Servatius ini, bertujuan untuk mengedukasi warga mengenai penyakit diabetes, serta cara mencegah hingga melawan penyakit ini.

Seminar diawali dengan sambutan dari Romo Yohanes Wartaya SJ selaku Pastor Paroki, diikuti dengan sambutan oleh ketua seksi PSE.Sebelum pembekalan materi diberikan, peserta seminar terlebih dahulu melakukan senam perenggangan yang dipimpin oleh tim dari RS Carolus. Gerakan santai diiringi tawa dan canda dalam sesi ini membantu peserta untuk lebih rileks ketika materi dibawakan.

Setelahnya penjelasan komprehensif mengenai apa itu diabetes dibawakan oleh dr. Maria Aulia Sandjaja, M. Biomed, SpPD. Pembahasan materi juga meliputi mengenai jenis-jenis diabetes, gejala, serta bahaya diabetes. Tidak ketinggalan dokter juga memberikan tips bagaimana cara mencegah dan melawan diabetes. Yakni dengan menjaga pola makan, berolahraga secara teratur, serta melakukan pemeriksaan rutin ke fasilitas kesehatan.

Acara pun berlanjut pada sesi tanya-jawab. Para peserta yang hadir antusias melontarkan pertanyaan terkait pemahaman mengenai diabetes. Sebelum seminar ditutup, panitia memberikan kuis singkat untuk menguji pemahaman peserta atas materi yang diberikan. Seminar pun diakhiri dengan doa penutup dan pemeriksaan gula darah secara gratis oleh tim dari klinik St. Servatius.

 

Clara Pramestika Larasati

Woiii, umat Paroki Servatius. Kalo pada punya berita apa kek, poto apa kek, kegiatan apa kek, mao nyang lingkungan, apa nyang kategorial bisa ditongolin di media, kirim aja ke : parokisantoservatius@gmail.com

 :