Seminar Ekaristi: Menghayati Ekaristi Untuk Mendengarkan Sapaan Tuhan Dalam Hidup Kita


Seksi Kerasulan Kitab Suci St. Servatius dan Komunitas Studi Alkitab Servatius mengadakan Seminar Ekaristi dengan tema "Menghayati Ekaristi Untuk Mendengarkan Sapaan Tuhan Dalam Hidup Kita.". Kegiatan yang dihadiri 400 orang ini dilakukan pada Sabtu 9 Maret 2019 di Aula SMA Pangudi Luhur II Servasius. Terdapat dua narasumber yang hadir mengisi acara yaitu Romo Christophorus Harimanto Suryanugraha.OSC dan Y.M. Seto Marsunu.

Maksud diadakannya Seminar Ekaristi adalah untuk memperkenalkan sejarah Ekaristi kepada umat Kristiani, sehingga akan timbul kecintaan terhadap Sakramen Ekaristi yang perlu dihayati dan juga tata cara Ekaristi yang ada didalamnya. Peserta Pemahaman yang benar tentang ekaristi bagi umat adalah kita dapat  mengetahui dan menghayati rangkaian utuh dari saat mulai masuk gereja hingga keluar gereja menerima berkat perutusan dari seorang imam.

Tujuan lainnya adalah :
- Menerapkan sikap diri dalam mengikuti tata cara Perayaan Ekaristi, serta turut serta dalam membentuk generasi yang menghargai Sakramen Ekaristi. 
- Untuk meyakinkan bahwa dalam setiap perayaan Ekaristi, Kristus sungguh-sungguh hadir secara nyata, tubuh, darah, jiwa dan ke-Allahan-Nya.
- Partisipasi penuh awam dalam hal ini, diwujudkan dalam berbagai dialog, nyanyian, mendengarkan, merenungkan, menjaga keheningan dan bersikap layaknya umat yang mengerti dan memahami kedalaman Ekaristi.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa partisipasi penuh umat awam antara lain :
- Datang sebelum Ekaristi dimulai untuk mempersiapkan diri.
- Menyambut Sakramen Tobat dahulu sebelum Ekaristi jika disadari ada dosa berat.
- Berpakaian sopan dan layak.
- Tidak tidur saat homili.
- Tidak mengobrol sendiri seolah ikut seminar.
- Tidak pulang sebelum berkat penutup.

- Menyadari kewajiban untuk ambil bagian dalam Misa hari Minggu dan hari Raya wajib.

 

Penulis: Rafael

Editor: Brian Prasetyawan

Woiii, umat Paroki Servatius. Kalo pada punya berita apa kek, poto apa kek, kegiatan apa kek, mao nyang lingkungan, apa nyang kategorial bisa ditongolin di media, kirim aja ke : parokisantoservatius@gmail.com

 :