KOMUNITAS DOMUS VERBI (Rumah Firman)KAMPUNG SAWAH


Komunitas domus verbi, tumbuh dari rasa keprihatinan terhadap pemahaman iman anak, khususnya mengenai Sabda Allah. Terlebih lagi banyak orang tua kurang memahami arti pentingnya kitab suci untuk iman mereka. Karena itu perlu langkah tertentu agar generasi sekaranfg memahami Yesus yang mereka imani.

Tujuan dibentuknya komunitas ini agar anak-anak mengenal Allah yang hadir dalam diri Yesus yang mereka ikuti, menanamkan nilai-nilai iman sejak dini sebagai bekal untuk menjalani kehidupan disamping agar anak-anak terbiasa mambaca kitab suci sebagai sarana untuk membina relasi dengan Allah.

Pada awalnya kelompok ini hanya untuk anak-anak minimal kelas 4 SD. Tetapi karena lambat laun peserta akhirnya naik ke kelas 7 atau 8 (1 atau 2 SMP) dan ingin tetap mengikuti kegiatan ini, maka akhirnya dibagilah menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok SD dan kelompok SMP.

Anak-anak ini mampu bertahan dalam kelompok karena mereka memiliki minat untuk belajar Kitab Suci, memang pertama kali mereka diajak untuk datang ke kelompok ini, tapi lama kelamaan mereka datang dengan kemauan mereka sendiri. Selain itu didukung oleh orang tua yang sadar akan pentingnya sabda Allah bagi kehidupan iman anak serta dukungan warga lingkungan dalam berbagai bentuk juga turut menguatkan komunitas ini.

Kegiatan komunitas yang dilakukan di garasi rumah Bp. Seto Marsunu setiap hari sabtu jam 19.00 sampai jam 21.00 ini diawali dengan doa pembukaan yang kemudian dilanjutkan dengan membaca teks Kitab Suci. Disini satu anak membacakan atau membaca bersana atau membaca bergantian satu teks kitab suci yang telah dipilih disusul dengan penjelasan secara interaktif oleh pembimbing komunitas. Untuk menginternalisasikan teks tersebut anak-anak akan mendramatisasi atau menuliskan kembali isi teks Alkitab tersebut dengan gaya mereka dan berusaha menemukan pesan yang bisa mereka tangkap dalam teks tersebut. Tulisan ini dibacakan secara bergantian. Demikian pula doa yang mereka tuliskan berdasarkan teks kitab suci tersebut. Pertemuan ini akan ditutup dengan doa penutup.

 

KEGIATAN DILUAR

Karena komunitas ini termasuk komunitas yang masih “langka”, maka banyak orang tertarik untuk mengetahui apa dan bagaimana sebenarnya komunitas ini. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang langsung ditujukan baik pada guru pembimbing maupun kepada anak secara langsung. Mereka-mereka yang ingin tahu dan ingin melihat bagaimana cara mereka belajar antara lain.

  1. Domus Verbi pernah berkunjung ke Romo Vikjen untuk mendiskripsikan kegiatan mereka.
  2. Domus verbi beberapa kali presentasi di Lembaga Biblika Indonesia, dihadapan para peserta kursus Kitab Suci.
  3. Domus verbi beberapa kali kedatangan tamu dari luar paroki kampung Sawah, yang ingin melihat secara langsung cara mereka belajar.
  4. Tgl 18 April 2015, Domus Verbi diundang untuk memberikan presentasi pada “TEMU KARYA DELEGATUS KITAB SUCI 2015 se REGIO JAWA” di Anyer. Temu karya ini dihadiri oleh para romo dan Pengurus dari Komisi Kerasulan Kitab Suci Keuskupan se Regio Jawa (Semarang, Surabaya, Malang, Purwokerto, Bogor, Bandung dan Jakarta) .

Demikian, Semoga menjadi inspirasi dalam menumbuh kembangkan iman anak di lingkungan-lingkungan melalui membaca kitab suci.

Tri Bhuwana Windiyarta

Woiii, umat Paroki Servatius. Kalo pada punya berita apa kek, poto apa kek, kegiatan apa kek, mao nyang lingkungan, apa nyang kategorial bisa ditongolin di media, kirim aja ke : parokisantoservatius@gmail.com

 :