[Renungan 7 Mei 2015] Seperti - Demikian


Bacaan Injil yang lumayan singkat hari ini mengandung misteri ilahi yang belum pernah ada sebelumnya di Perjanjian Lama. Hampir seluruh kata kunci dalam Injil Yohanes ada dan terangkum dalam empat ayat ini. Ada satu ungkapan Yesus yang jarang diperhatikan, tetapi selalu muncul dalam beberapa bagian penting dalam Injil Yohanes, yaitu kalimat yang berpola: “seperti ... demikian juga....”

Yesus pada ay. 9 mengatakan: “Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikianlah juga Aku telah mengasihi kamu.” Contoh lain dari kalimat berpola seperti ini kita temukan di Yoh 13:34 di mana dikatakan: “seperti Aku telah mengasihi kamudemikian pula kamu harus saling mengasihi”.

Secara misterius pola kalimat ini lagi-lagi menekankan relasi segitiga di mana terangkai hubungan Bapa, Yesus dan kita sebagai murid-murid-Nya. Yesus menjadi poros penghubung yang berperan sebagai perantara Bapa dan manusia, Pencipta dengan Ciptaan, surga dan dunia. Konsekuensinya: semua sisi ilahi Bapa yang tidak dapat diketahui manusia terungkap secara manusawi dalam diri Yesus kepada dunia. Demikian juga semua sisi insani manusia didamaikan dengan Allah dalam darah-Nya di salib. (RBP/hidupkatolik.com)

 

 

 

 

 

 

 

Woiii, umat Paroki Servatius. Kalo pada punya berita apa kek, poto apa kek, kegiatan apa kek, mao nyang lingkungan, apa nyang kategorial bisa ditongolin di media, kirim aja ke : parokisantoservatius@gmail.com

 :