Wisata Rohani Lingkungan Yohanes Maria Vianney


Wisata Rohani Lingkungan Yohanes Maria Vianney - Foto : Robertus Ivan Henry Wijayanto

Pada hari Jumat, 1 Mei 2015 lalu yang juga bertepatan dengan Hari Buruh, kami Lingkungan St. Yohanes Maria Vianney mendapat kesempatan untuk berwisata rohani sekaligus rekreasi ke daerah Banten. Selain mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, kegiatan ini juga bertujuan untuk saling mempererat tali persaudaraan antar umat Katolik di lingkungan St. Yohanes Maria Vianney. Dengan melihat beberapa pertimbangan akhirnya panitia memutuskan untuk memilih Ziarah ke Goa Maria Kanada yang berada di komplek Akademi Keperawatan (Akper) Yatna Yuana Rangkasbitung. Lalu dilanjutkan dengan rekreasi ke Pantai Anyer yang lokasinya tidak jauh dari Akper Yatna Yuana Rangkasbitung.

Jumat pagi yang cerah kami peserta Ziarek (Ziarah Rekreasi) sudah berkumpul di depan Alfamart samping Perumahan Grand Melati. Bus besar 'Starbus' sudah siap membawa kami semua ke tempat tujuan. Tepat pukul 05:30 kami semua memulai perjalanan dan tak lupa berdoa untuk meminta keselamatan agar kami semua sampai tempat tujuan dengan selamat tanpa kekurangan apapun. Setelah doa yang dipimpin oleh Ibu CM Hadiyati, kini Ketua Panitia memberi informasi tujuan kami, waktu dan kegiatan apa saja yang akan dilakukan pada hari ini. Setelah itu, kegiatan di bus diisi oleh  Ketua Lingkungan terdahulu yang mengajak kami bernyanyi bersama. Lagu rohani dan lagu-lagu lawas yang menghibur kami sepanjang perjalanan.

   

Lima puluh empat orang memadati seluruh armada bus yang ditumpangi, mulai dari anak-anak hingga lansia. Perjalanan berlangsung dengan penuh suka cita. Tepat pukul 08.30 kami Lingkungan St. Yohanes Maria Vianney akhirnya sampai di lokasi Ziarah. Ritual jalan salib berlangsung dengan khidmat hingga pukul 10.00 pagi. Setelahnya itu kami bersama-sama berdoa di Goa Maria Kanada. Goa Marianya cukup unik dengan dekorasi batu karang, keunikan tambahan adalah ada pintu kecil disamping goa Maria yang menuju ruang kecil untuk berdoa pribadi, nah dari ruang tersebut patung Maria akan tampak dari samping lewat lubang di temboknya. Goa Maria Kanada ini merupakan tanah Ziarah pertama di Banten.

     
Setelah prosesi Ziarah selesai akhirnya kami menutup kegiatan pada hari itu dengan rekreasi ke pantai Anyer. Teriknya matahari tidak sedikitpun menghalangi langkah kami untuk menikmati alam dan hangatnya pantai siang itu. Sebelum matahari tenggelam, tepatnya pukul 16.30 kami pun kembali ke Kampung Sawah tercinta untuk kembali beraktifitas seperti sedia kala.


Sederhana & Berguna, Vianney!

Yohanes Ade Yanuar

Umat Lingkungan Yohanes Maria Vianney

 

 

Woiii, umat Paroki Servatius. Kalo pada punya berita apa kek, poto apa kek, kegiatan apa kek, mao nyang lingkungan, apa nyang kategorial bisa ditongolin di media, kirim aja ke : parokisantoservatius@gmail.com

 :