Saung Daun, Saung Rukun


Saung Daun - Foto : EP

Fasum  RT02/012, Kelurahan Jati Melati, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi, yang semula penuh ilalang, kini berubah jadi lahan apotek hidup, sekaligus lahan berkumpul warga. Peresmian Saung Daun – demikian sebutan saung kecil di tengah lahan tersebut – dilakukan lewat acara renungan yang ditampilkan oleh anak-anak RT02.

Ilalang Tempat Tinggal Ular

Lihatlah semak ilalang yang merupakan bagian dari fasum (fasilitas umum) RT02/012. Saat masih rimbun, di sini tempat tinggal beberapa ekor ular dan keluarganya. Perlu tindakan ekstrim untuk mengubahnya. Salah seorang warga, yang juga warga Paroki Santo Servatius, mengajak Ibu Paulina Ruliyati, seksi Lingkungan Hidup Paroki Santo Servatius untuk memberi penjelasan kepada warga tentang  pengolahan sampah plus tanaman obat.

“Belum Pernah Melihat Warga Seantusias ini”

Bu Ruli pun hadir, seperti kebiasaannya, dengan membawa serta aneka bibit tanaman untuk dihadiahkan kepada rt, rw, atau kelurahan yang mengundangnya. Penjelasan tentang khasiat tanaman, perlunya penghijauan, pengolahan sampah, dan penggunaan composter pun dikunyah dengan nikmat oleh warga RT02. Pertanyaan pun bertubi-tubi.  “Berkali-kali saya melakukan pelatihan, belum pernah melihat warga seantusias ini!” ujar Bu Ruli.

Antusiasme warga RT02 tak hanya ditunjukkan saat pelatihan. Dua minggu setelah pelatihan, kerja bakti pun dilakukan. Niat untuk membuat apotek hidup begitu membara.

Saung Daun Berdiri

Dikomandoi Pak RT 02, Bapak Gito Sambodo, dilakukanlah perapihan lahan, dan penanaman bibit-bibit tanaman obat. Bibit lontar, bibit sayur bayam, dan bahkan bibit buah matoa, ditanam. Bu Ruli tak tinggal diam. Terkesiap melihat antusiasme warga yang terus berlanjut, ia membawakan lagi aneka bibit tanaman, 2 minggu setelah pelatihan.

Sebuah gazebo kecil pun dibuat. Modalnya, patungan aneka bahan bangunan. Sampai akhirnya jadilah gazebo, yang disebut Saung Daun.

Peresmian yang Reflektif

Tanggal 21 Maret 2015 yang lalu, Saung Daun “diresmikan” lewat acara yang sangat bersahaja. Ada pidato sambutan Pak RT, doa, dan Pentas Renungan. Renungan yang ditata oleh Aloisius, salah seorang warga Paroki Servatius, ditampilkan oleh anak-anak warga usia SD. Renungan tersebut memadukan permainan anak-anak tradisional “Saya orang kaya…saya orang miskin” dengan refleksi tentang rasa syukur pribadi, keluarga, dan rasa syukur bertetangga.

Renungan yang dipentaskan dengan gaya bermain

 Sebuah renungan yang dipentaskan dengan cara bermain. Saung Daun berdiri di atas tanah yang semula merupakan padang ilalang riang. Saung Daun berdiri di wilayah RT yang punya cita-cita abadi, yakni menjaga dan melestarikan kerukunan. Saung Daun, Saung Rukun. (ep)

Woiii, umat Paroki Servatius. Kalo pada punya berita apa kek, poto apa kek, kegiatan apa kek, mao nyang lingkungan, apa nyang kategorial bisa ditongolin di media, kirim aja ke : parokisantoservatius@gmail.com

 :