Pesta Rakyat Menyambut Tahun Baru 2015


Malam itu, malam terakhir di tahun 2014. Semua orang bersiap menyambut tahun baru 2015. Tak terkecuali  umat Paroki Santo Servatius.  OMK wilayah St.Petrus telah menyiapkan berbagai acara untuk  menyambut tahun baru. Walaupun cuaca kurang bersahabat , tidak menyurutkan antusias  umat untuk menghadiri Misa tutup tahun 2014 di gereja. Tepat pukul 20.00 WIB misa yang dipimpin oleh Romo F.X Widoyoko, SJ tersebut dimulai. Setelah misa, dilanjutkan dengan pesta rakyat menyambut tahun baru 2015. Acara tersebut bertema “Saatnya Yang Muda Berkarya”.  Pesta rakyat diselenggarakan  di kanopi selatan Gereja Santo Servatius.  Novita dan Dita sebagai pembawa acara mengajak umat untuk berpesta rakyat bersama.

Acara diawali dengan doa pembukaan oleh Romo F.X. Widoyoko, SJ. Setelah itu terdapat penampilan flashmob yang bertema Go Green.  Romo Wid kemudian menyampaikan sambutan dan berharap bahwa dari acara ini kaum muda mempunyai pengalaman untuk: menggerakan/mengajak orang lain, berorganisasi, berkegiatan, dan berguna bagi kehidupan masyarakat. Bapak Bambang selaku koordinator kaum muda, mengucapkan proficiat kepada OMK wilayah Petrus sebagai penyelenggara acara dan berpesan kepada kaum muda ”Jadilah anak muda yang tahu etika, tata karma, dan berguna bagi masyarakat.”

Kemudian berbagai penampilan mendukung meriahnya acara tersebut seperti tarian tradisional sirih kuning, nyanyian solo, grup akustik, dan sulap. Tak ketinggalan juga acara Door price, dan games dengan hadiah yang menarik semakin memeriahkan acara tersebut. Panitia juga menyediakan bermacam-macam makanan tradisional seperti kacang, jagung, pisang, ubi rebus. Teh dan kopi hangat juga disediakan untuk menemani umat berpesta rakyat.

Malam itu tepat pukul 23.30 WIB,  Umat memegang lilin kecil yang menyala dan membentuk lingkaran. Kemudian Saudari Rosa membawakan renungan singkat.

Waktu adalah sesuatu yang tak terbendung, iya akan terus bergerak sekalipun kita telah lelah untuk beranjak dari tempat kita berdiri, ia akan terus melangkah ke depan.sekalipun kita telah kehilanagan semangat dalam mengarungi hidup ini. Di keluarga orang muda duduk sebagai anak, terkadang kita merasa kurang mendapat perhatian dari orang tua, dan orang tua merasa anak jaman sekarang sulit untuk dididik, dalam hidup pelayanan kita sebagai orang muda? Apa yang telah kita berikan untuk gereja dan masyarakat.

Ketika rentetan peristiwa datang bertubi-tubi dan pertanyaan itu tak terjawab kita dilanda rasa frustasi yang teramat sangat. Kita merasa lelah, kita merasa terabaikan. Mari kita katupkan mata dan buka hati kita, mari kita manfaatkan waktu untuk merenungkan, menelaah, dan membenahkan diri.

Beberapa saat lagi kita akan melangkah melewati batas gerbang yang sudah terbuka. Tahun 2015. Mau melangkah ke mana? Bersama siapa? Bekal apa yang harus dibawa sebagai orang muda yang ingin berkarya? Akankah tahun 2015 membawa perubahan? Marilah kita secara pribadi mengukir impian yang akan kita capai di selembar kertas dan diterbangkan sebagai bentuk resolusi dan sebuah harapan pribadi…..

 

Setelah itu dilanjutkan dengan doa dan berkat oleh Romo Wid. Tak lupa juga mendoakan bagi korban jatuhnya Air Asia QZ 8510. Pukul 23.45 WIB  Umat dibagikan balon. Balon tersebut  diterbangkan bersama dengan resolusi yang sudah dibuat. Dengan maksud resolusi dan harapan yang telah dibuat dapat terbang tinggi dan nantinya tercapai.

Tak terasa waktu menunjukkan pukul 00.00 WIB, 2014 telah berlalu dan memasuki lembaran baru di tahun 2015. Daaarrr……Deerrr……Doorrr…. Kembang api mewarnai langit Kampung Sawah yang mendung kala itu. Gembira dan suka cita menyelimuti perasaan umat malam itu. Mereka saling berpelukan dan memberi ucapan selamat satu sama lain.

Gemerlap perayaan tahun baru telah usai. Kini saatnya kita mengarungi hidup dengan membuka lembaran dan harapan baru di tahun 2015.

Selamat Tahun Baru 2015. Semoga Tuhan memberkati dan menyertai kita semua…….. (Adri/Brian)

 

 

 

 

Woiii, umat Paroki Servatius. Kalo pada punya berita apa kek, poto apa kek, kegiatan apa kek, mao nyang lingkungan, apa nyang kategorial bisa ditongolin di media, kirim aja ke : parokisantoservatius@gmail.com

 :