Perayaan Sedekah Bumi


Perayaan Sedekah Bumi tahun 2012 akan sedikit lebih istimewa. Dua hari berturut-turut. Perayaan Ekaristinya pun istimewa, karena lagu-lagu nya bernuansa Betawi Dialek Kampung Sawah dengan iringan musik gambang kromong. Nantikan tanggal 12-13 Mei 2012!

 Lenong Kenjon

Perayaan Sedekah Bumi tahun 2012 akan diawali pada hari Sabtu 12 Mei 2012, pukul 19.00 WIB. Acara akan diawali dengan atraksi Pencak Silat Restu Kasepuhan dari Krangan. Berikutnya, Topeng Betawi "Kenjon asal Bantar Gebang akan menyemarakkan suasana sekaligus membungkus sebuah acara penting yang "menyisip" di dalam pertunjukan Topeng, yakni Dialog Budaya yang akan menampilkan nara sumber utama sejarawan muda JJ Rizal yang akan berdialog dengan para tokoh lintas agama di Kampung Sawah. Topeng Kenjon akan berupaya menyegarkan malam dengan cerita yang bertema kerukunan. Saat acara berlangsung, akan diadakan Festival Kuliner Kampung Sawah, dari penganan  sampai masakan Betawi, seperti bekasem dan sayur gabus pucung.

 

 Ngaduk Dodol dan Perayaan Ekaristi Meriah

Pagi, tanggal 13 Mei akan dibuka oleh ritual awal Ngaduk Dodol yang diperkirakan dimulai pada pukul 4.00. Ngaduk Dodol kali ini dimulai "agak siang" untuk memberi kesempatan umat ikut serta mengaduk dodol dengan mematuhi tatacara adatnya. Perayaan Ekaristi Inkulturasi Betawi Dialek Kampung Sawah akan dimulai pukul 08.30 WIB. Ritual Persembahan akan dihiasi oleh tarian Betawi yang akan dimainkan oleh OMK Santo Servatius. Lagu-lagu yang akan dinyanyikan, termasuk ordinarium, bernuansa Betawi dengan iringan musik gambang kromong. 

Pesta Rakyat

Perayaan sebagai perwujudan rasa syukur atas hasil bumi tersebut akan dipuncaki oleh sebuah Pesta Rakyat, yang akan dimulai setelah Perayaan Ekaristi selesai. Pesta Rakyat yang dikoordinasi oleh Wanita Katoik Republik Indonesia cabang santo Servatius akan dihiasi dengan lagu-lagu Betawi yang akan ditampilkan oleh grup musik gambang kromong.  

Woiii, umat Paroki Servatius. Kalo pada punya berita apa kek, poto apa kek, kegiatan apa kek, mao nyang lingkungan, apa nyang kategorial bisa ditongolin di media, kirim aja ke : parokisantoservatius@gmail.com

 :